Kamis, 21 Oktober 2010

Hubungan NEM SLTA Terhadap Motif Berprestasi Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK IKIP Bandung

Skripsi. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK IKIP Bandung

Penelitian ini bertitika tolak dari rumusan masalah
"Seberapa besar derajat hubungan antara NEM SLTA terhadap motif berprestasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK IKIP Bandung".
Rumusan masalah tersebut lebih khusus dijabarkan sebagai berikut:
Apakah terdapat hubungan positif dan berarti antara NEM SLTA terhadap motif berprestasi mahasiswa di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FPTK IKIP Bandung?



Metoda Penelitian yang digunakan adalah metoda deskripsi dengan menggambarkan pengalaman berprestasi mahasiswa dalam bentuk NEM SLTA, dan melihat hubungannya dengan motif berprestasi mahasiswa pada saat sekarang. Pengalaman berprestasi pada masa lalu (Nilai Ebtanas Murni) diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk berprestasi.
Pada Penelitian ini, sebagai sampel penelitian diambil 68 orang mahasiswa, dari populasi mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin angkatan 1994 dan angkatan 1995. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket dan dokumentasi. Dengan mengkorelasikan NEM SLTA mahasiswa sebagai variabel terikat, dan motif berprestasi mahasiswa sebagai variabel bebas, diperoleh harga korelasi (r) sebesar 0,1837 yang termasuk kategori sangat rendah (terletak antara 0,0 - 0,2 jadi termasuk kategori sangat rendah). Sedangkan harga koefisien determinasinya (KD) diperoleh sebesar 3,37 %. Dari hipotesis penelitian dapat dibuktikan dengan kriteria pengujian tolak h0 dan terima h1, jika t hit > t tab pada tingkat kepercayaan 95%, ternyata hipotesis ditolak t hit = 1,5 < t tab = 1,663.
Dari Hasil pengolahan data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa NEM SLTA tidak hubungannya dengan perbedaan bentuk motif berprestasi mahasiswa. Hal ini memberikan pengaruh yang sangat kecil, bahkan dapat dikatakan tidak memberikan pengaruh yang berarti.

(Skripsi Pendidikan : diajukan untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti Ujian Sidang Sarjana Pendidikan Teknik Mesin, disusun oleh : Dadan Erawan /E 024911743. Tahun 1997)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar